April 19, 2016

Terjemah Kitab Kiai Kholil Bangkalan Al-Matan As-Syarif

Segala puji bagi Allah atas segala anugerahnya. Shalawat serta salam semoga tercurahkan kepada junjungan kita, Nabi Muhammad Saw, keluarga dan para sahabatnya. AlhamduliLlah, akhirnya terjemah kitab Al-Matan As-Syarif yang dikenal sebagai Fathul Latif buah karya Mahaguru Kiai Se-tanah jawa, K.H. Kholil bin Abdul Lathif Bangkalan ini bisa hadir di tangan pembaca.
Meskipun kitab ini kecil dan sangat ringkas, akan tetapi karya Kiai Kholil ini mampu memberi penjabaran tentang detail-detail dari rukun-rukun Islam. Kitab ini, sesuai yang tertulis di penutupnya, diselesaikan oleh Kyai Kholil pada tahun 1299 H. Kira-kira, lebih dari seabad yang lalu.
Sebagaimana diketahui, beliau merupakan guru para kiai-kiai besar di seluruh tanah Jawa, yang umumnya adalah para pendiri NU dan pendiri berbagai pesantren. Karena jarak waktu yang terpaut satu abad lebih itu, kami berusaha memperpendek jarak itu terutama untuk generasi sekarang dengan menghadirkan terjemahannya ke tangan para pembaca sekalian. Selain usaha penerjemahnya sendiri untuk ngalap berkah ke Kiai Kholil dengan menerjemahkan kitab karyanya.
Sebagaimana dalam terjemah kitab Kiai Kholil sebelumnya, As-Silah fi Bayani An-Nikah, dalam terjemahan ini kami juga menyertakan kitab berbahasa arab serta Madura. Tujuannya, agar para pembaca dapat mengkritik dan memberikan koreksi untuk terjemahan yang masih sangat minim dan jauh dari sempurna ini. Semoga terjemahan ini dapat bermanfaat. Akhirul kalam, kami mengucapkan, selamat membaca.
Berikut link downloadnya:
Download


Terjemah Kitab Al-Matan As-Syarif Karya Kiai Kholil Bangkalan Madura

0 komentar:

Post a Comment

Semoga artikel di atas dapat membantu Anda.