June 15, 2016

Jenis pakan terbaik untuk burung kolibri atau burung- madu.

Salam kicaumania, gimana guys burungnya masih pada utuh kan. Hehe tentunya bukan burung itu ya guys. Yang di maksud Masih Utuh adalah burung yang agan pelihara dirumah, Nah pastinya agan tidak heran dan tidak asing lagi mendengar burung kolibri atau burung madu, pada kesempatan isi saya akan berbagi mengenai pakan burung ini.


Burung kolibri yang sebenarnya memiliki nama resmi burung-madu menjadi pilihan utama bagi kicaumania yang ingin memelihara jenis burung yang bersuara merdu dan dengan gaya tarung yang khas. Spesies burung mungil dari kelangan nectariniidae ini memiliki berbagai jenis yang popular. Dalam perawatannya ada beberapa jenis pakan yang bisa diberikan untuk menjaga setaminanya. Berikut beberapa pakan terbaik yang telah saya rangkum dari berbagai sumber, untuk burung kolibri alias burung-madu ini.


Ada beberapa spesies burung-madu yang cukup populer di kalangan kicaumania yang diantaranya memiliki sebutan kolibri ninja, kolibri kelapa, kolibri jawa, kolibri jawa dan masih banyak lagi. Dari masing-masing jenisnya tersebut, burung-madu dikenal sebagai jenis burung yang gemar menghisap nektar atau sari bunga, selain itu juga menyukai serangga-serangga kecil terutama laba-laba yang berukuran kecil.

Dalam perawatan hariannya, agar burung-madu aka kolibri tetap terjaga setaminannya sehingga tetap aktif dan rajin bernyanyi, maka harus dibutuhkan asupan pakan yang baik. Ada beberapa jenis pakan yang bisa ditawarkan pada burung kolibri yang baru anda pelihara, jenis-jenis pakan tersebut antara lain adalah:

voer Halus.
Banyak kolibri mania lebih suka memberi makan burung peliharaan mereka dengan voer halus. Dengan begitu burung tersebut akan selalu terpenuhi nutrisinya meskipun sedang ditinggal oleh majikannya. Namun tidak semua burung mau mengonsumsi pakan voernya itu yaah guys, terlebih burung bakalan dan burung hasil tangkapan dari hutan.

Supaya burung kolibri mau memakan voernya, tentu Anda perlu melatih dengan cara pengenalan terlebih dahulu dengan pakan tersebut. Adapun cara melatih burung kolibri makan voer bisa disimak lagi dalam tulisan berikut:

Berbagai cara melatih agar burung mau makan voer.
Namun Anda perlu diperhatikan dalam perawatannya, burung-madu atau kolibri mempuntai bentuk paruh yang langsing dan panjang sehingga untuk memudahkan burung mencerna pakannya maka jenis voer yang diberikan haruslah dari jenis voer halus/lembut dengan kandungan nutrisi yang tersaji lengkap dengan baik.

Nektar.
Secara global burung-madu atau kolibri adalah penghisap nektar atau sari bunga. Namun dalam perawatannya tentu tidak mudah mendapatkan nektar langsung dari bunga, apalagi cairan tersebut mudah sekali menguap begitu terkena udara. Jalan pintaspun anda bisa membuat sari buatan dengan cara mencampurkan air matang dengan gula pasir dengan perbandingan 1\4. Sari buatan tersebut juga mempunyai kandungan yang hampir mirip dengan sari bunga yang tedapat dalam bunga.


Alternatif lain adalah memberikan satu cepuk madu asli/alam yang ditempatkan dalam cepuk terpisah.

Pakan extra.
Seperti burung peliharaan jenis lainnya, kolibri pun membutuhkan asupan protein hewani yang bersumber dari jenis serangga. Selain jangkrik berukuran kecil dan ulat kandang, kolibri atau burung-madu juga bisa diberikan pakan extra/tambahan berupa laba-laba berukuran kecil sesuai kebiasaannya dia di alam.

Jalan pintasnya adalah anda bisa menyediakan kroto kurang lebih satu sendok teh dan dibisakan diberi setiap pagi hari " yaah guys".

Demikian artikel mengenai jenis-jenis pakan terbaik yang bisa diberikan pada burung kolibri. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Semoga artikel di atas dapat membantu Anda.