May 10, 2016

berikut 10 (sepuluh) manfaat dan kegunaan daun sereh

berapakah manfaat daun SEREH buat kita sebenarnya 


manfaat sereh sebernya banyak sekali misal yg paling sering kita gunakan untuk memasak ikan  ayam dan lain-lain bisa juga buat mandi saat sakit

Sepuluh Manfaat Daun Sereh Bagi Kesehatan Tubuh. Sereh atau sering disebut serai merupakan tumbuhan herbal, serta salah satu bumbu dapur. Dalam memasak, sereh berfungsi untuk penyebab dan memberi aroma makanan. Selain itu, sereh memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan. Terdapat banyak kandungan yang dimiliki sereh, seperti kandungan minyak atsiri yang terdiri dari sitronelol, sitrat, kamfen, sabinen, geranial, lomonen serts metileugenol. Dari berbagai kandungan yang ada di dalamnya, tentunya terdapat banyak sekali manfaat daun sereh bagi kesehatan.
          
Berikut ini beberapa manfaat daun sereh diantaranya 
1.    Mencegah Penyakit Kanker
Pada 100 gram sereh terdapat kandungan antioksidan yang mampu mencegah dari kanker. Ini karena terdapat senyawa yang mampu memusnahkan sel kanker.
2.    Mengobati Gangguan Pencernaan
Bagi anda yang memiliki masalah pada pencernaan, anda dapat memanfaatkan sereh untuk mengatasinya. Seperti masalah sakit perut, mengurangi gas pada usus, masuk angin ataupun diare. Selain murah dan mudah dalam mendapatkannya, cara penggunaannya juga cukup sederhana. Sehingga anda bisa mendapatkan manfaat daun sereh bagi kesehatan lebih maksimal.
3.    Menurunkan Tekanan Darah
Serai juga memiliki manfaat untuk merangsang sirkulasi darah, serta mampu menurunkan tekanan darah sereh. Bagi para penderita hipertensi, dianjurkan untuk mengkonsumsi minuman yang memiliki kandungan sereh setiap hari secara teratur.
4.    Detoksifikasi
Sereh sangat baik sebagai detoksifikasi bagi tubuh dengan meningkatkan jumlah pada buang air kecil. Hal tersebut sangat bermanfaat, karena dapat menyehatkan serta membersihkan seluruh organ pencernaan dengan cara membunuh berbagai macam. Organ pencernaan tersebut terdiri dari pankreas, ginjal serta kandung kemih.
5.    Meringankan peradangan dan iritabilitas
Analgesik yang terdapat pada sereh mampu meringankan berbagai jenis peradangan dan iritabilitas. Dalam hal ini, manfaat daun sereh bagi kesehatan adalah dapat mengurangi rasa nyeri seperti pada nyeri sendi, nyeri otot juga sakit gigi.
6.    Sebagai diuretik, pereda kejang dan antirematik.
Ternyata sereh juga memiliki khasiat untuk mengatasi rematik. Caranya sangat mudah dalam memanfaatkan sereh sebagai pengobatan, yakni dengan cara direbus. Kemudian minum airnya.
7.    Untuk membantu mengatasi gejala batuk
Untuk mengatasi batuk, caranya yakni siapkan 5 gram akar sereh, cuci hingga bersih kemudian rebus selama 15 menit dengan segelas air. Minum air rebusan tersebut sebanyak setengah gelas setiap pagi dan sore secara teratur setiap harinya.
8.    Memperindah Kulit
Selain memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, sereh juga bermanfaat bagi kecantikan. Salah satunya mampu memperindah kulit. Dengan menggunakan kosmetik yang memiliki kandungan daun sereh, maka bisa menghilangkan jerawat serta memiliki fungsi sebagai penyegar.
9.    Mampu Mengatasi Insomnia
Gangguan sulit tidur atau disebut juga insomnia memang sangat meresahkan, karena tubuh bisa menjadi lemah dan mengganggu konsentrasi. Hal tersebut akan sangat mengganggu kesehatan anda serta aktifitas sehari-hari. Dalam hal ini, manfaat daun sereh bagi kesehatan adalah untuk mengatasi insomnia yang diderita. Sereh dapat memberi efek menenangkan, sehingga dapat membantu anda untuk cepat terlelap. Hal inilah yang dapat menjaga keseimbangan kimiawi internal, menghilangkan gangguan sulit tidur serta gangguan saraf.
10.    Dapat Mengatasi Masalah Berat Badan
Tambahkan sereh pada minuman anda, seperti teh jika anda memiliki masalah akan berat badan berlebih. Sereh mampu mendetoksifikasi, serta mencairkan lemak dalam tubuh. Bukan hanya itu, kandungan sereh dapat memberi efek diuretik. Inilah yang dapat menjadikan berat badan mengalami penurunan secara efektif.
Demikian berbagai manfaat daun sereh bagi kesehatan tubuh. Mengingat begitu banyak manfaat dari sereh ini, jangan sampai anda melewatkan salah satu tanaman herbal ini dalam kehidupan anda. Semoga dapat menambah informasi dan bermanfaat bagi anda dan orang-orang di sekitar.

0 komentar:

Post a Comment

Semoga artikel di atas dapat membantu Anda.